Tuesday, April 21, 2015

DEMOS KRATOS (DemoKrasi)

DEMOS KRATOS
Kekuasaan di tangan rakyat. Dalam bahasa latin demos berarti rakyat dan kratos berarti kekuasaan. Bila diterjemahkan secara harfiah bisa di artikan sebagai kekuasaan yang berada penuh di tangan rakyat. Kita mengetahui nya kini dengan sebutan Demokrasi. Hakikatnya. Demokrasi ini hanya cocok diterapkan oleh negara-negara yg sudah maju. Mengapa?
Karena untuk menyokong kekuasaan yang harus berada di tangan rakyat. Maka rakyat lah yg harus maju terlebih dahulu. Baik dari segi pendidikan, kesehatan hingga pendapatan perkapita. Barulah kita bisa mempercayakan kekuasaan ditangan rakyat. Indonesia? Jelas negara kita ini ingin mengadaptasi
kesuksesan negara barat untuk menerapkan prinsip demokrasi. Namun para WAKIL RAKYAT tak sadar. Bahwa pendidikan kita masih terbelakang. Kesehatan belum terjamin dan pendapatan perkapita kita masih rendah.

Jika boleh memberi usul. Mengapa tidak negara monarki saja seperti brunei? Terbukti negara serumpun itu maju! Mengapa karena pada dasar nya memang negara kita adalah negara kepulauan dengan segala keberagaman dan budaya nya. Meminpin Indonesia tidak lah mudah bung! Boleh saja kalian beretorika. Tapi kalian bisa jelaskan begitu berharganya seekor babi di papua yang dijadikan mahar dan hanya akan menjadi kudapan di manado? Ini baru contoh dari dua pulau. Mengapa kita tak belajar dari nenek moyang! Majapahit? Sriwijaya? Tarumanegara? Demak? Samudra Pasai?jayabaya?

Yaa bukan kah dulu indonesia berbentuk kerajaan kerajaan? Hingga datang portugis membawa nilai nilai barat? Merekan tidak sedang menjajah kita namun merampas jati diri bangsa.
Saya takkan pernah lupa! Untuk apa NAD dan DIY diberikan statsu daerah istimewa. Padahal otonomi daerah sudah mutlak harga nya? Adakah demokrasi disana? Coba renungkan saja dahulu.

No comments:

Post a Comment