Friday, June 3, 2016

Entitas Buah Khuldi

Entitas buah khuldi.

Mungkin pertanyaan ini masih menjadi pertanyaan besar yg belum terjawab.

Seperti apakah buah khuldi itu?
Buah yang dimakan adam dan hawa hingga mereka harus diturunkan ke bumi.




Izinkan saya berasumsi dan beropini. Tak perlu lah kita membayangkan rupa dari buah khuldi. Mari liat esensi di dalam kandungannya saja.  Buah khuldi adalah "buah dosa". Tepatnya "buah yang menganalogikan dosa"

Mengapa? Karena tercatat dalam kitab dalam agama mana pun. Bahwa larangan Allah pertama kali adalah. "Jangan dekati buah khuldi itu!" firmanNya kepada Adam dan Hawa.

Mengapa saya bilang itu adalah buah dosa. Karena mungkin, kini dosa yang kita tau adalah zina, judi, khamar, riba. Tapi yang perlu ditekankan adalah. Buah khuldi hanyalah bentuk analogi dan proyeksi dari dosa-dosa yg ada pada masa sekarang.


Coba perhatikan sitausi berikut ini


Mungkinkah Adam membunuh? Padahal ia mencintai Hawa.

Mungkinkah ia zina? Padahal Hawa adalah wanita pertama.

Buah khuldi adalah proyeksi dari kumpulan dosa. Yaa bukankah semua dosa harus dihindari atau dijauhi. Seperti khuldi yg "Jangan kalian dekati" atas FirmanNya.

Bukankah karena memakan buah khuldi Adam dan Hawa menjadi hina karenanya(telanjang dan diturunkan ke bumi). Yaa pada hakikatnya dosa membuat manusia hina apabila dikerjakan. Setidaknya di mata tuhan. Dan di mata manusia bagi yang melihatnya langsung.

Yaa buah khuldi adalah sebuah entitas dosa yang sudah berkembang sesuai zaman yang menyesuaikan dengan pola interaksi dari manusia di bumi.  Zina dan riba misalnya pada masa sekarang.

Jadi saya berasumsi bahwa buah khuldi adalah BUAH Dosa Kolektif yang terus berkembang menyesuaikan pola zaman.

Bagaimana menurut mu?
Apakah sependapat dengan saya?

No comments:

Post a Comment