Friday, November 23, 2018

Yang Miskin Makin Miskin. Yang Kaya Makin Kaya

istilah YANG MISKIN MAKIN MISKIN, YANG KAYA MAKIN KAYA memiliki konotasi negatif di indonesia. padahal istilah ini berasal dari sebuah kitab sufi yang syarat akan hikmah.
al kisah ada seorang fakir datang kepada seorang salih. dia bertanya pada orang salih tersebut
"aku bosan hidup miskin seperti ini, aku ingin menjadi orang kaya. apa yang harus aku lakukan"
orang salih itu hanya menjawab
"bersyukurlah"
lalu orang fakir itu menanggapi perkataan orang salih itu.
"apa yang harus ku syukuri? aku tak memiliki apa-apa?"
lain hari datang lah seorang saudagar kaya ke orang salih itu. ia bertanya kepada orang salih itu.
"aku bosan hidup bergelimang harta, aku ingin menjadi orang miskin, apa yg harus aku lakukan?"
maka orang salih itu menjawab.
"berhentilah bersyukur"
saudagar kaya itu menjawab.
"mana mungkin aku tidak bersyukur padahal tuhan telah memberikan nikmat yang begitu banyak pada ku?"
akhirnya orang yang fakir bertambah fakir karena tidak mampu mensyukuri nikmat yang sedikit. dan yang kaya pun bertambah kaya karena telah mampu mensyukuri nikmat yang banyak.

No comments:

Post a Comment