Monday, September 11, 2017

Ngaji di Google


Assalammualaikum
©PemudaAbad21

Kadang suka sedih bin miris bin aneh sama orang yang ngerekomendasiin apa-apa ke Google. Kayak foto gue ini, gue nanya tentang agama disuruhlah nanya ke Google aja. Bukan apa apa, kasian gitu Google, kalo disuruh jadi guru ngaji, gaji guru ngaji mah gak seberapa, malah kadang seikhlasnya aja. Ada lagi yang ngasih gelar Mbah Google. Dikirim santet via insta story nyaho lo!

Beda gitu. Kalo nanya ke Google dengan nanya ke Elo. Kalo nanya ke Google salah atau bener atau Hoax sekalipun kadang kita mau gak mau yaa terima aja, kalo nanya ke elo kan enak. Kalo bener kita jadi nambah ilmu baru, kalo salah? Enak juga. Bisa kita goblok goblokin... Canda.

Ahh tapi sebenernya... Gue bukan pengen ngomongin itu sih. Gue cuma kadang sakit hati aja gitu kalo lagi diskusi di grup atau sebutlah debat agama. Terus lawan bicara gue blg. "Makanya ri... Ngaji, ikut kajian, jangan ngaji lewat Google sama Youtube aja" waaadaaawwww wayaaw wayaaaw... Jadi selama belasan taun dahulu kala itu gue mengaji di TPA? atau sedang mencangkul di sawah bersama pak tani menanam saham seven eleven?


Oke oke... Ini bakal panjang nih urusannya. Jadi kalo lo mau ikutin kisah gue, silahkan lanjut bacanya. Atau kalo kalian rasa sudah cukup terhibur dengan mukadimah gue diatas yaa silahkan sudahi hubungan ini. Elah... Sudahi membaca blog gue.






Gitu...






Oke gue sudah memperingatkan...












Alkisah. Fari kelas 1 SD kala itu berteman dengan tetangganya yang orang kaya bernama Tuan Ari. Orangnya gendut, suaranya keras. Karena kebiasaan teriak teriak manggil embanya kalo abis selesai berak. Kenapa harus teriak? Karena di satu gang itu rumah dia gedek banget!!! Fari dan Keluarga tinggal di kontrakan mungil punya bapaknya. Persahabatan antara anak tuan tanah dan abdinya.

Suatu ketika, Fari gak melihat tanda tanda keberadaan Tuan Ari, lalu sang mama pun dengan insiatif bertanya ke Nyonya tanah.

"maaf nyonya, hari ini hamba tak melihat tuan Ari, dimanakah ia berada?" Tanya mama Fari dengan sangat santun an anak yatim.

"Begini nyai, tuan Ari memang sudah semenjak beberapa bulan yang lalu ia mencari ilmu di negri nan jauh disana, ia ingin menguasai ilmu batin dan mantik"

"Dimana kah itu nyonya?"

"Di pasar jangkrik. Di masjid Ash Shidiq tepatnya"

Akhirnya karena fari memendam kerinduannya yang mendalam dengan Sohabat kecilnya itu, ia pun memutuskan untuk mengikuti jejak sohabat kecilnya. Akhirnya dengan diantar dengan kereta kencana ia pun mengikuti jejak sahabatnya. Dengan menimba ilmu di Masjid Ash Shidiq pasar jangkrik.

Gimana? Asik gak gue penyampaian ceritanya? Kalo asique lanjut nih. Tapi kayaknya gak bisa sih. soalnya sesaat setelah ini, udah bakal muncul konflik nih. Ehhh serius nih.  Yaudah lanjuts yaapss.


-------+++--------


Ternyata di TPA ini gak ubahnya kayak SD aja gitu. Gue bisa ketemu banyak temen. Banyak bgt. Gak cuma Ari, disini gue ketemu banyak temen baru. Kayak Akbar, Ardan, Agung, Dian, Dedi, Putri, Bowo banyak deh.

Dari sinilah gue mengenal yg namanya Iqro, Akidah Ahlak, Fiqih, Tajwid, Bahasa Arab, Sejarah Islam, Praktek Ibadah.

Tapi...

Jangan harap... Bakal ketemu sama cerita indah di masa TPA saat Awal-Awal Madrasah gue kala itu. Masa awal-awal kala itu sungguh sangat pahit.
Gue pernah dipulangin, atau tepatnya disuruh pulang sama ustadzah gue karena...

Gini...

Jadi TPA gue itu emang diambil dari nama masjid Asli, Ash Shidiq. Otomatis ada masjidnya juga. Otomatis ada tempat wudhunya juga. Otomatis ada kubangan air juga. Anyway gue udah kayak bombom kakak tirinya Lala di sinetron Bidadari blom ngomongnya otomatis melulu? Udah? Oke lanjut.

Jadi suatu ketika, kala sore di bulan Maret.  Entah si temen gue ini. Putri. Entah ia halusinasi. Entah juga dia punya bakat delusional. Jadi dia itu berenang renang gitu di kubangan masjid, kayak Ariel the mermaid. Lucunya temen temen yang lain tuh gak ada yg kompak negor. Atau seenggaknya olok-olok dia lah gitu biar malu. " Putri gilaaa... Putriii gilaaa!!!" Gak! Gak ada satu pun diantara kita yg ngelakuin itu.

Gue dan kawan kawan malah asik. Ikutan. Yapp ikutan berenang renang di kubangan! Bayangin. Gak berenang sih. Becek. Tapi kocaknya kita bukan main becek becekan. Tapi kita seakan akan berenang di air yg becek. Kebayang gak lo.

Yaa bisa ditebak. Basah semua lah itu baju. Semua!!! Gue gak ngerti. Anak kecil dulu tuh hidupnya enak bgt yah tanpa beban. Pikirannya pendek. Kalah dah rok sekolah anak-anak cewe SMA jepang kalo mau pendek pendekan mah!

Akhirnya, yaa mau gimana. Masa mau ngaji basah basahan gitu. Disuruhlah gue pulang buat ganti baju. Jangan ditanya lah itu pandangan sinis orang orang sepanjang jalan ngeliat gue yg lepek kayak anak kucing kecebur di kali dengan air terpedas di Jakarta. Kali.... Chili wung... Eaaaaa

Kasus kedua. Jadi kala itu anak-anak disuruh ngaji di rumah ust gue. Ust Zam Zam. Gue lupa ada momen apa sampe kita disuruh ngaji di rumahnya. Gak ada yg menarik sih menurut gue, makanya gue lupa selain kasus yg menimpa gue disana.
Jadi setelah selasai ngaji, kita disuruh balik tuh ke kelas. Pas balik badan, gue ngeliat meja. Gue dan Dian kala itu tepatnya. Yg bikin mata anak kecil kala itu berbinar adalah, diatas meja itu ada setoples permen Relaxa... Rela Diperxosa. Begitu jokes anak-anak 90an kala itu. Karena kita terpesona dengan senasi pedas dingin permen itu. Dibuatlah sandiwara sederhana.

"stadz... Dzar bagi permennya yaa"

Gue di TPA dipanggilnya Dzar yaaah..

"Ohhh iyaa Dzar... Silahkan ambil sepuasnya"

"Asiquee makasih yaah Stadz"

Yaappp percakapan tadi itu terjadi sama satu orang doang. Fari seorang. Sungguh bakat delusional sudah mulai nampak dari kejadian itu.

Dian? Dengan tolol nya dia mengikuti jejak langkah gue.

Parahnya. Ada 1 penghianat diantara kita. Yg entah itu siapa. Tapi dia mengadukan hal ini ke Ust. Zam Zam.

Akhirnya disetrap lah kita. Gak cukup sampe situ. Sebelum pulang gue disuruh nulis kalimat Istighfar pake bahasa arab 100x. Sungguh mancing mania? Mantappppp!!!
Waduuhhh bakal panjang loh ini... Yakin mau terus? Kalo capek bookmark aja dulu. Soalnya gue bakal bikin cerita ini jadi One Shoot aja. Udah dapet mood soalnya. Jadi lanjut yaah.

----+++----

Tibalah pembagian Raport. Gue sih masih anteng-anteng aja kala itu. Gak usah panik. Nilai gue gak jelek-jelek amat. Huruf hijayah udah hapal, udah Al qur'an juga kok gue santai. Pikir gue kala itu.

Tapi... Wajah Kanjeng Raden Ratu Mama tak bisa dibohongi. Mukanya memerah, menahan dendam kesumat yg ia tahan. Dan ...

"Mah gimana raport Fari? asoy geboy aselole Joss kan?"

"Nihh liat sendiri!!!" Ujarnya ketus...

Hmmm lumayan... Daripada lumanyun dan lumantan... But... Wait...

Nilai Kelakuan: K

Sebentar... Kayaknya ada yang salah...

Gue pun mulai membatin dan melapalkan abjad...

Ini aneh tapi gak ajaib. Dongo bahkan.

Perasaan nilai abjad itu rentangnya cuma dari A-E doang. A B C D E. E itu udah paling gawat. Anak SD kayak gue gak bego-bego amat. Disekolah rutin 10 besar mulu kok. Tapi kok yaa ini nilai  K. Berarti kan nilai gue ada yg skip. A B C D E (F G H I J) K.

untuk mencapai K. Gue harus melewati. F G H I J . ini kayaknya ust Zam Zam antara punya dendam pribadi sama gue atau gak beliau pas PAUD cabut nih pelajaran membaca abjad. SEJAK KAPAN DALAM SEJARAH KEPENDIDIKAN ADA NILAI "K"GITU? Tolong lah Kak Seto Mulyadi mbo yaa di Sosialisasikan lahh guru gue gitu.

Tapi mau apa di kata. Nasi sudah menjadi lontong sayur. Sesampainya di rumah habislah Gue digesperin. Perih perih enyoiz.

Anyway... Sampe skrg gue juga mikir ... Kok dulu Mama gak protes yaahh. K loh ma K!!!

----+++----



Oke... Ibarat zaman kenabian rasullullah. Bisa dibilang kala itu zaman zaman jahiliyah gue selama di Ash Shidiq. Tapi akhirnya... Sang pencerah itu datang.

Bukan... Bukan ki Ahmad Dahlan... Kok.

Tapi ... Seorang tokoh anti Hero datang. Memberikan harapan. Seperti zaman renaisans di perancis... Kenapa harus anti Hero ri? Bukan hero? Pasti kalian bertanya tanya seperti itu. Kalo gue blg hero mungkin akan terbayang Batman,Spiderman hingga Kamen Rider di mata kalian. Saat gue bilang anti Hero mau tak mau opini kalian gue giring untuk memikirkan Wolverine atau Deadpool. Boom!!!

Ust Jazi ia punya nama. Rumahnya cuma beda RW saja sama rumah gue kala itu. Anyway busway saat Ust Jazi tiba, gue udah pindah yaahh..  udah gak di kontrakan bapaknya tuan Ari lagi.

Jadi Tujuan dipanggilnya Ust Jazi dipanggil kala itu sebenernya buat privatin ade gue. Si Ulvi. Karena hingga saat itu Iqro dia gak naik-naik. Belum pernah baca Qur'an jadilah Ust Jazi dipanggil. Sebenernya ini tujuan utamanya.

Tapi emang dasar gue songong bin congkak bin congklak. Sok sokan lah gue kala itu minta didengerin ngaji gue di hadapan ust Deadpool ini. Gue sih pede. Udah 4 taun loh gue ngaji. Udah Qur'an pula. Satu kali Hatam  pula! Selesai ngaji... Kanjeng Ratu Mama bertanya pada ust Deadpool.

Gimana ust...

"Waddduuuhhhh gawat ini...." Tebasan pertama!!!

"Maaf... Fari ngaji dimana 4 tahun ini?"

"Ash Shidiq ust Deadpool"

"Wadduuuhhh berantakan sekali yaaah ngajinya" tebasan kedua!!!

"Tajiwdnya gak bener, makhorijul huruf nya asal asalan production, napas nya putus nyambung kayak lagunya BBB!!!" tebasan ketiga.

"Yaudah bu. Ini fari ikut ngaji juga aja. Biar bener ngajinya" FATALITY DHUARRR!!!

akhirnya kala itu gue harus merelakan Malam minggu dan minggu pagi gue buat mengaji dengan ust Deadpool aka ust Jazi. Malam minggunya sih gak masalah. Minggu paginya itu loh. Gue udah ngeikhlasin beberapa Eps Doraemon dan Shinchan. Untung Power Ranger masih sempet ketonton walau kadang keskip opening songnya.

Bersama ust Deadpool. Yang pertama tama ia benarkan itu bacaaan tajwid gue. Ia jelasin hukum-hukum tajwid. Idghom bighunnah, bila gunnah, idhom mimi, ikhfa, izhar, iqlab, qolqolah sampe Mad. Semua dikupas tuntas dalam 2 bulan. Berarti 16 kali pertemuan gue sudah kuasai itu semua tajwid. Karena tiap baca satu baris di stop sama dia. Lalu ditanya hukum-hukum bacaanya. Terus begitu... Tiap minggunya... Apa efek yg paling berasa?. Di Ash Shidiqlah hal itu terjadi..

----+++----

Ust Zam Zam emang demen ngetes kepahaman sampe mana anak anak didiknya nguasain tajwid, tapi kala itu cuma beberapa yg nekat aja yg berani ngacung, dan dipastikan salah jawaban. Entah siapa yg patut disalahkan disini. Hingga tiba masa itu.


Buka surat al arrof ayat 13...

Baca bareng bareng! Ujarnya.

Stop. Nah disitu ada hukum!!! Nun mati ketemu huruf Ya! Apa hukumnya?

Hening... Hening... Hingga...

Ada satu orang bocah ingin mencoba kenekatannya...

Idghom biggunah stadz!!!

semua mata ngeliat ke gue. Lalu langsung kompak ngeliat ust ZZ. Zam Zam.

Yakk betul Dzar...

Bukan maksud lebay. Tapi seinget gue baru kala itu pelajaran al qur'an hadist kelas umum (semua kelas digabung) dan jawaban tajwid bener.

Mungkin ust ZZ belum percaya. Lalu dicari lagi lah bacaan yg lainnya.

Huruf sukun berhenti di wakaf tuh! Apa hukumnya.

Dan lagi...

Gue angakt tangan...

Mad Aridlissukun stadz!!!

Wahh.  Dzar bener lagi....


Mulai terdengar wuiiih wuiiihhh disana sini. Tapi gue coba ttp stay cool. Mantap juga ini ust Deadpool.

Oke terakhir yaah.

Fattah tain bertemu huruf Ain! Apa hukumnya coba itu.

Izhar stadz!

Izhar artinya apa dzar?

Lahh lanjut nih? Kata gue dalam hati.

Jelas stadz ZZ.

Huruf idzhar apa aja Dzar.?

Waduuhh ini ust ZZ lagi meragukan gue apa lagi ngecek kredibilitas gue nih.
, ه , ح , خ , ع , غ)
Itu stad huruf hurufnya.

Lantas... Tersinggung senyum di wajah ust ZZ.

---+++----

Lalu sedikit demi sedikit ust Deadpool juga mengajarkan makhorijul huruf sama gue. Tapi entah untuk yg ini gue susah bgt masuk. Dan yang gak akan terlupakan itu pelajaran ngaji satu napasnya. Memang keliatannya mudah buat surat surat pendek (makkiyah). Tapi kalo udah sampe pada surat madiniyah. Waddaaawww ngap-ngapan sungguh sudah jadi hal yg niscaya. Gak bisa dibedakan lagi antara ngaji dengan lari-lari di pikiran mantan. Sama capeknya.

Dari hal yg keliatannya sepele. Perbaikan bacaan qur'an ternyata memberikan efek yg tak terduga.

Pembagian raport yg kesekian kali akhirnya tiba. Kanjeng mama gue mungkin trauma. Karena melihat dari pengalaman buruk masa lalu raport gue. Tapi gue yakin kali ini beda. Walau, Kanjeng mama sengaja bgt datengnya ditelat telatin. Kirain mau hamil lagi apa. Ditelat telatin gitu.

Dan Kun Faya Kun.

Que Sera Sera.

Apa yang terjadi terjadilah kalo kata Titiek Puspa.

Seorang Muhammad Dzar Ghiffari, seorang santri dengan rekor Nilai K pada Kelakuan,kali itu dunianya berubah. Kala itu ia belajar percaya. Bahwa kesungguhan takkan berkhianat.
Ia Juara Pertama. Untuk pertama kalinya.

Tak usah ditanya. Betapa syoknya mama, kagetnya para ustadz dan ustadzah dan betapa bangganya ust Deadpool (ust Jazi) hanya dengan pertemuan beberapa bulan. Muridnya bisa menempati Tempat Pertama.

Apa ini dari akhir dari segalanya? Ohhh tidak kawan, perjalanan baru saja dimulai.
Sejak saat itu, selain mengaji Qur'an gue juga mulai diperkenalkan sama kitab-kitab kuning. Sebutlah Durusul Fiqiyah tentang dasar-dasar Fiqih dan Adabul Insan tentang Akidah Ahlak.
Terhitung sampai gue lulus Madrasah. 5x berturut turut gue jadi juara pertama di Ash Shidiq. Benar loh kawan dari situ gue belajar.

The Right Man in The Right place. Dan The Right Man In the Wrong Place itu nyata.
Jadi kalo sekarang kalian ngerasa. Kok gue gak berkembang yaah di tempat ini. Kok gue gini gini aja. Kok gue gak berprestasi yaah. Coba cek... Apakah kalian yg salah? Atau tempat kalian yg tak tepat? Seiring jalannya waktu gue berasa bgt sama teori Psikologi PIO tadi.


Akhirnya karena kesibukan. Berguru sama Ust Deadpool harus berakhir di kelas 3 SMP. kira kira 5-6 tahun lah gue berguru sama beliau.

Lalu kala itu gue coba mandiri. Dengan coba ikut Majelis Ta'lim di deket rumah gue. Dengan bekel yg dikasih ust Deadpool ke gue, Alhamdullilah kala itu Ketua Mushollahnya sempet mempercayakan gue buat jadi pemimpin tahlilan dan yasinan kala malam jum'at. Sempet juga jadi Bilal pas sholat Taraweh. Dan pengalaman itu terjadi di usia muda gue. Kelas 3 SMP.

Kalo kalian baca postingan gue sblm sblmnya. Harusnya udah tau apa yg terjadi kelas 3 SMP kala itu.

Kali ini gue bakal persingkat aja...

Setelah ikut pengajian di Musholla deket rumah gue. Dimana tiap malam rabu adalah kajian fiqih. Tiap malam juma'at yasinan dan hari hari biasanya adalah tafsir Qur'an. Tetep ada rasa yg kurang kalo gue gak mangkul. Gak berguru secara privat.

Akhirnya Kala SMA gue pun dipanggilin lagi ust ke Rumah. Kali ini ust Agus namanya. Beda dengan ust Deadpool yg keras tapi gaul. Suer dehhh Ust Deadpool atau ust Jazi ini emang gaul, kocak, lucu tapi kalo udah marah serem bgt! Dan doi jago bgt main gitar. Sayang Ilmu main gitarnya itu gak diturunin ke muridnya.

Nah kalo Ust Agus ini cenderung diem diem ngambang gitu heheh tokai kali ahhh ... Engga engga diem diem gitu Silent Hill... Game Kali ahhh ... Pokoknya mah kalem!!! Gak banyak ngomong. Nah tapi....

Tapi ...

Dulu sama ust Deadpool gue gak masuk nih Pelajaran Makhorijul Huruf. Gak bisa bedain deh tuh Tho sama Ta. Alif sama Ain. Qof sama Kaf. Cara bacanya. Tapi pas sama ust Agus ini masuk bgt!!! Dulu padahal ust Deadpool sering wanti wanti ttg kalo salah baca bisa salah arti.

Qolbu itu artinya hati.
Tapi kalo Kalbu itu artinya Anjing.

Gawat kan? Kalo salah baca gitu. Jadi beda arti. Nahh sama ust Agus ini lah akhirnya gue bisa memahami tempat keluar huruf itu.

Ri? Berarti ngaji lo di Ash Shidiq sia sia dong?

Gak ada yg sia sia kok. Walau emang efek terbesar itu gue rasain bgt dari ust Deadpool dan Ust Agus. Tapi ust Zam Zam juga memberikan kontribusi. Apa? Dari ash shidiq lah gue tau dasar dasar huruf hijaiyah, dari sana juga gue belajar menghapal surat surat pendek, dari sana juga gue belajar kaligrafi dan tulisan arab.

Tapiiiii yaa gitu... Pernah gak sih lo ngerasa, gak maksimal kerja lo, tapi lo tetep di gaji, tapi batin lo gak puas. Nahh itu analogi yg pas ketika awal-awal di ash shidiq kalo direlevansiin sama keadaan sekarang.

Ketika ketemu ust Deadpool tuhh kayak semcem lo di gaji, lo kerja maksimal dan batin lo puas. Nah mungkin gitu kali gambarannya perasaan gue kalo coba di relate in sama keadaan sekarang?

Apa setelah itu gue berhenti mengaji?

Nope... Entah jujur gue haus bgt sama ilmu agama. Malah gue sempet ngayal ngayal babu. Kalo ada orang yg mau biayain gue ngaji. Ngaji kemanapun asalkan hidup gue kejamin kayak sandang, pangan, papan, pasangan eaaaaaaa.... Gue mau loh idup gue dipake buat ngaji aja, nuntun ilmu aja. Apalagi ilmu agama, mau bgt gue!!! Tapi susah sih. Itu cuma kayak angan angan aja. Nyari kerja ternyata syulit. Susu melilit hehehehe... Tapi gak papa kita pasrahkan semua pada Allah SWT.

Yaa selepas dari ust Agus. Gue kembali lagi ikut majelis di musholla rumah gue disana gue ketemu ust Khotib sama Syeikh Hafidz Lukman. Yang sampe sekarang gue kagum bgt sama beliau beliau ini. Lalu sempet juga ikut Kenduri Cinta di TIM, disana belajar sama Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun Ayahanda Dari Noe Letto. Tapi gak lama soalnya acaranya itu dari jam 8 malem sampe subuh. Wadawww...

Hingga kini Youtube booming. Coba ngaji online sama Ust Abdul Somad dan Ust Hanan Attaki. Cieee ngaji Online. Ngaji sama Guru beneran keleeesss derrresss. Susah yaah orang-orang zaman now available-available aja,  udah tau ada yg easy malah mau yg hardcore ehh sorry hardway. Ngaji mah dimana aja. Tapi kan kalo ngaji online satu arah gak bisa dua arah! Kalo bingung keblenger!

Yaapp betul sih. Ngaji online itu ibarat makanan kayak pelengkap aja appetizer. Sedangkan majelis-majelis ilmu lah yg jadi main dishnya. Jadi ilmu dari ngaji online itu kalo ada yg bingung saat kesempatan di majelis ta'lim maka bertanya mania lahh, yaa bertanya biar tak tersesat. Begichu.

Fiuuuhh panjang yaaah. Gue disini sih bukan maksud ria atau sombong. Tapi sekedar ingin menyampaikan keresahan gue aja selama ini yg di tuduh cuma ngaji di Majelis Google lah. Sedih aja gitu, kasian guru guru gue yg berjasa selama ini. Dan selain itu juga semoga dari kisah ini terselip hikmah-hikmah yg relevansinya dikembalikan ke pembaca masing-masing. Semoga tulisan gue ini selain menghibur bisa jadi amal ibadah buat guru guru gue selama ini. Aminnn...

Oke mungkin segitu aja yaah dari gue.

Wassalammualaikum.

No comments:

Post a Comment