Saturday, February 23, 2013

Positif

"Kita adalah bentukan pikiran kita."

"Apa yang kita pikirkan itu yang akan kita dapatkan."

"tuhan bergantung pada prasangka Hamba nya".

" Sebenarnya selain kita punya dunia nyata, kita juga punya dunia pikiran dalam jiwa kita yang membentuk dunia nyata kita itu sendiri."


Imam Ghazali memberikan  bagaimana cara kita  bisa berpikir positif terhadap orang lain.



jika kalian bertemu dengan orang lain berpikirlah bahwa ia lebih mulia dari kita.

1. jika bertemu seorang anak kecil berpikirlah ia pasti lebih mulia daripada kita karna dia belom memikul dosa nya dan dosa pasti lebih sedikit dari kita  sedangkan kita sudah banyak berdosa lebih dari dia.

2. jika bertemu orang tua berpikirlah ia pasti lebih mulia daripada kita karna dia telah beribadah dan beramal lebih banyak dan lebih lama  dari kita.

3. jika bertemu orang bodoh berpikirlah ia pasti lebih baik dari kita karna dia melakukan maksiat karna dia tidak tau sedangkan kita tahu namun tetap bermaksiat.

4. jika bertemu orang yang berilmu berpikirlah ia  pasti lebih baik dari kita karna kita takkan pernah sampai pada drajat dan kemuliaan seperti nya.

5. Jika bertemu orang kafir berpikirlah ia pasti lebih baik dari kita karna kita tak pernah tahu akhir hidup nya kelak mungkin sekarang dia kafir namun pada saat mati ia beriman dan mungkin kita sekarang beriman namun pada saat nanti kita mati dalam keadaan kafir.


hati hati dengan pikiran kita karna dunia ini eksis karna kita memikirkan keberaadaan dunia ini-
cogito ergo sum
aku berpikir maka aku ada - Rene Descartes

No comments:

Post a Comment