Monday, March 28, 2016

Mahluk Gak Total

Beberapa menit yang lalu, gue abis ngepoin IG mantan gue. Ngeliat foto foto dia wisuda, dan gak sengaja ngebuka foto tag an dia. Fokus gue bukan di fotonya, tapi di Caption orang-orang yg ngetag foto ke Dia. Gue baca. Dan bergumam.

"Gila yaa dia diumur yang sama kayak gue punya begitu andil besar dalam kehidupan banyak orang, dia berarti banget buat banyak orang"

Gue pun berkaca pada diri gue. Apa gue sudah cukup berarti bagi banyak orang yaah? Kayaknya belom...

Dan gue tau apa alasannya...

GUE MAHLUK GAK TOTAL.


Yaa bermula dari SD. Sebutlah ini masa kejayaan dalam hidup gue. Piala piala juara melukis terus tertoreh silih berganti. Tapi yang gue pilih kala kejayaan sedang memuncaknya malahan...

Pensiun Dini.

Setidaknya itu diksi yang dilabelkan guru kelas 6 saat itu ke gue.

Sebenernya gue bukan pensiun. Tapi gue sadar kala itu. Bocah 11 tahun sadar bahwa lawan lawannya makin tangguh. Segala ngelukis bawa lap lah. Ngelukis pake tipe x lah! Anjir lah! Akhirnya gue putusin buat ngasingin diri dulu. Tahta gue sebagai penghasil piala melukis terbanyak terhenti di kelas 5. Ketidaktotalan pertama gue. (tapi setalah SMP gue berhasil membuktikan diri lagi, aktulisasi diri gue gak gagal, gue juara melukis tingkat kecamatan pas kelas 7, sssttt pialanya buat sekolah gak dikasih duplikatnya khu khu khu).

Kita lompat jauh ke masa SMA. Wali kelas gue kala itu sudah yakin banget bahwa STAN adalah tempat terbaik untuk melanjutkan studi gue. Wali kelas 11 gue tepatnya. Dari kelas 10 SMA hingga kelas 11 SMA gue dapet pringkat cukup baik yang buat wali kelas gue yakin, gue pantas berada di tempat terbaik.

Tapi...

Lagi lagi ketidaktotalan gue kambuh...

Di kelas 3. Gue malah sibuk ngedebatin guru guru gue, menyendiri, sibuk dengan pikiran pikiran gue sendiri.

Fix pada saat itu temen temen gue banyak yg bilang gue anehlah, freaklah, bahkan sahabat gue sendiri bilang gue GILA
.
Tapi gak begitu dengan guru guru gue. Sepertinya guru-guru gue mampu melihat apa yg temen-temen dan gue gak lihat.

Saat itu bokap gue dipanggil ke ruang guru sama wali kelas cuma buat bilang.

"Fari ini anak JENIUS pak"

Setidakanya itu cerita ayah gue setelah dipanggil ke ruang guru.

Setelah dipikir pikir mungkin ada benarnya juga. Tapi entah juga...

Dulu gue pernah ngedebat guru Agama. Karena dia bilang Dazzal itu sudah ada pada zaman skrg. Ialah KOMPUTER. Karena menurut dia Dazzal yg disimbolkan mata satu direpresentasikan dengan komputer yg berlayar satu. Kala Itu kelas rame sama bacotan gue. Bahwa Dazzal itu blm turun lah... Dia berwujud pemuda lag dsb dsb. Gue ngotot bgt. Wong dari SMP kerjaan gue ngelingkerin tanda tanda kiamat kecil mana aja yg udah terjadi dari buku Bokap yg berjudul

"Huru Hara Akhir Zaman".

Guru gue tetep ngotot sama argumennya. Yg gue lakuin? Angkat tangan. Izin keluar.

"pak izin! Saya mau ke kantin! Makan!"

Guru agama gue? Dia ngizinin! percaya gak lo.

Yaa dan bener aja. Gue ke koprasi beli nasi goreng. Makan deh di plataran mesjid. Terus abis itu duhaan.

Di lain waktu saat pelajaran MTK. Saat pelajaran titik koordinat. Saat guru gue merintahin cuma bikin satu gambar pencerminan. Gue malah bikin dua. Saat itu guru gue nyamperin dan bilang.

"Fari yg kamu gambar itu buat kelas IPA! Kamu anak IPS!"

Gue melongo.

1 perkataan guru BK gue yang bakal gue inget terus kala bimbingan kelompok seusai kelas wajib.

"Saya baru ketemu mahluk kayak Fari. Pikiran dia MERDEKA!"

Lagi lagi gue cuma bisa melongo...

Tapi apa yg gue dapet dari semua pujian itu? Semua ketotalan yg gue lakukan?

Selain di bilang GILA yg udah biasa bgt gue denger sampe SEKARANG. Sumpah gue biasa banget dibilang GILA.

Gue gak dapet apa-apa tjoy! Jangankan STAN! Kelas 3 gue murni, polos dari semester satu sampe dua kagak dapet peringkat!!! Padahal syarat buat diajuin PMDK STAN itu ranking dari kelas 10-12. 

Ilang tjoy semangat gue. Disitu gue inget omongan bokap gue.

"Udahlah bang jadi yg biasa-biasa aja, gak usah luar biasa"

Kala itu gue ngedumel. "ish ayah kok mau anak nya biasa-biasa aja sih"

Tapi gue kemakan sama omongan ayah kala itu. Disemester dua. Gue cuma sibuk belajar dan nyari kiat gimana caranya lulus dan dapet Univ Negri. Debat debatan? Sabodo teuing abdi mah. Udah saatnya realistis.

Mungkin...

alhamdullilah gue lulus. Dan masuk univ negri. Walau bukan univ yg wah bgt sih. Tapi negri.

Dan sejujurnya. Gue tau istilah gak total ini dari temen kuliah. Di salah satu angket dia bilang.

"Fari... Kadang suka gak total"

Gak ditulis dari siapa, karena emang sengaja dianonim.

Tapi yaa... Sebutlah gue mungkin jadi trauma untuk total.

Mundur jauh lagi ke SMP.

Kala itu gue dipercaya sama guru pembimbing osis buat jadi petugas pembaca DOA untuk upacara hari senin. Kala itu petugasnya gabungan. Dan gue mewakili kelas 96. Dan yg jadi Petugas pemimpin upacara itu cewe. Anak 92 Yg kelak bakal jadi mantan gue. Dia anak PMR.
Upacara lancar. Hingga tiba giliran gue tampil. Kalo kata guru PKN gue. Saat itu gue baca doa 
dengan aksen TELEK bgt. Makhorizul huruf pas, tajwid pas. TOTAL deh!!! Yaa gue cuma mau 

aplikasiin apa yg udah guru ngaji gue ajarin.

Yang gue dapet?

GUE DIKETAWAIN SAMA SATU LAPANGAN TJOY!!!

Bahkan setelah upacara selesai. Gue tetep diketawaiin.

Waw!!! Upacara bendera yg lucu!!!

Tapi anehnya. Guru pembimbing upacara tetap dan terus mempercayakan posisi pembaca doa ke gue. Harus gue. Yaa bisa ditebak. Setelah itu.
Gue baca dengan BIASA. Bener bener BIASA. Sampe gak ada yg bisa ketawa. Lagi.

Disitu gue belom sadar. Kalo gue bisa ngontrol penuh KETOTALAN gue.

Kalo udah sadar mungkin pas kelas 4 SD gue gak bakal sampe gebrak meja saking semangatnya karena gak ada bel pas babak penyisihan sampe akhirnya maju kebabak final dengan GALAK nya dalam acara yg diadain tempat les bahasa inggris gue NEC, dalam acara Quicky Macky Quiz di Asrama Haji, Full dari penyisihan sampe babak final gue GALAK kalo sekarang gue bilangnya Adrenaline PUMP UP. Terpompa. Dan akhirnya... Gak jelak jelek banget buat ngelawan team yg latihan jauh jauh ke Amerika buat acara ini. Juara 3 gue rasa tetep pantas buat team gue. Walau. Ada 
kesal dihati gue.

Cih... Padahal udah GALAK. Total.

Dari sekian banyak pengalaman ketidak totalan gue. Gue sampai pada titik dimana. Gue merasa bisa kontrol ke totalan gue.

Yaa kesadaran metafisis.

Mulai dari maen PES yang tadinya ketawa tawa. Kebobolan. Dipecundangi. Hingga akhirnya lawan gue bilang.

"Nah BEGINI HARUS NYA MU main nih!!!"

"Gila!!! Pemain belakangnya rapih banget!!!"

Gue jadi orang terakhir yg ketawa. Lalu matiin MP3 Gue yg sedari tadi On Nyalahin lagu lagunya 
PARAMORE.

Atau pengalaman... Ngatur gelombang otak pas Adzan di musholla.

Gue pakai suara tinggi buat Adzan Subuh. Rekor terbaik 3 shaf buat sholat subuh berjama'ah. Fiuhhh. Bagi gue itu kepuasan batin tersendiri bikin musholla rame pas Subuh.

Lalu pake suara rendah buat adzan Dzuhur dan Ashar. Gak usah powerfull di waktu-waktu ini. Banyak yg tidur siang.

Lalu pake suara tinggi dan panjang lagi buat adzan Magrib dan Isya. Musholla harus rame di jam-jam segini.

Yappp... Gue udah sampai dipengetahuan kesadaran metafisis tentang eksistensi gue.
Gue bisa tau, kapan gue ada dibawah (kayak sekrang) atau kapan gue ada diatas. Gue tau polanya, gue tau siklusnya, gue tau sekuensnya. Jadi santai. Gue tenang. Gue cuma gelisah karena beberapa 
hal.

1. Ada buku bagus tapi gue gak ada duit.
2. Dalam seminggu gak bisa makan mie ayam.
3. Dalam sebulan gak makan chesee burger MCD.

Sampai saat ini. Masih banyak temen yg bilang gue angkuh, Arogan, gila juga masih ada. Sampe yang terbaru bilang gue punya SEKTE. Gokil juga yaa gelar gue. Jadi gak usah mimpi bakal dapet persembahan kata kata terima kasih kayak mantan gue yg berprestasi yg gue jelasin diawal. Gak usah.

Karena sejujurnya gue engga gila. Satu. Gue juga gak bakal punya sekte. Gue cinta mati sama nabi MUHAMMAD.

Gue hanya pernah punya riwayat BIPOLAR kala SMP. Yups! Sudah diterapi kok. Tapi kala itu gue sempat diasingin kebeberapa tempat. Huftt pengalaman terpait dalam hidup gue.

Tapi sebutlah karena hal itu gue jadi punya IQ diatas rata rata... Atau yaa sebutlah seperti guru guru SMA gue. Jenius. Entahlah...

Yang gue tau cuma satu.

Gue cuma MAHLUK YANG GAK TOTAL.

No comments:

Post a Comment